5 Gerai Kopi Tertua di Dunia yang Wajib Anda Coba

Di era ini, kedai kopi menjadi tempat favorit orang-orang terutama para kaum milenial untuk menikmati secangkir kopi. Tidak hanya untuk menikmati secangkir kopi saja, gerai kopi terkadang menjadi tempat berkumpul bersama teman, pasangan, dan bahkan menjadi titik pertemuan favorit bagi banyak komunitas.

Saat ini gerai kopi didesain senyaman dan se-modern mungkin agar membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama-lama di gerai tersebut. Namun, ada beberapa gerai kopi yang justru mempertahankan interiornya sebagai nilai sentimentil yang bersejarah karena usianya yang sudah cukup atau sangat tua. Bila Anda penasaran dengan gerai kopi tertua tersebut, keputusan Anda membaca artikel ini sangatlah tepat. Jangan lupa untuk memesan tiket KLM sebagai moda transportasi Anda menuju gerai-gerai kopi tertua ini.

Cafe Procope, Prancis
Café Procope ini adalah salah satu gerai kopi paling tua di Prancis yang masih beroperasi hingga saat ini. Gerai kopi yang berlokasi di Paris ini didirikan oleh seorang juru masak bernama Francesco Procopio dei Coltelli pada tahun 1686. Selain berbagai kopi berkualitas seperti Lavazza Espresso, Cappucino, Irish Coffe, ada juga berbagai menu khas Prancis seperti as coq au vin, escargots, tartare du boeuf and crème brûlée.

Di tengah maraknya gerai kopi kekinian yang banyak bermunculan, gerai yang namanya diambil dari sejarawan Prancis Procopius ini mencoba untuk mempertahankan keaslian kopi buatannya. Interior gerai berusia tiga abad ini juga masih sangat klasik. Tetapi suasana yang terkesan klasik tersebut malah membuat pengunjung semakin betah untuk menikmati kopi disini. Gerai ini dulu menjadi tempat kongkow favorit banyak tokoh dunia terkenal seperti Voltaire, Rousseau, Thomas Jefferson, hingga Benjamin Franklin.

Caffè Florian
Caffè Florian termasuk ke dalam deretan gerai kopi tertua yang ada di benua Eropa. Gerai yang berlokasi di Piazza San Marco, Venisia, Itali ini dulunya bernama Alla Venezia Trionfante dan telah berdiri sejak tahun 1720. Pada abad ke 18, perempuan dilarang untung datang ke bar atau gerai kopi. Namun gerai yang didirikan oleh Floriano Francesconi ini mencoba merubah stigma yang telah ada di masyarakat pada masa itu dengan mengizinkan perempuan untuk datang kesana.

Antico Caffè Greco
Antico Caffè Greco atau biasa disebut dengan Caffè Greco adalah salah satu gerai kopi tertua di Italia. Gerai yang telah berdiri sejak tahun 1760 ini diberi nama Greco karena pemiliknya adalah seorang berkebangsaan Yunani. Orang Italia biasa menyebut orang Yunani sebagai Greco.

Bersama dengan Caffè Florian, Antico Caffè Greco menjadi dua gerai tertua di Italia yang masih memiliki banyak pelanggan setia hingga saat ini. Gerai ini semakin dikenal setelah muncul dalam salah satu novel karya seorang novelis bernama David Becket berjudul ‘The Cana Mystery’ yang diterbitkan pada tahun 2013.

Caffè Reggio
Gerai kopi yang didominasi dengan warna hijau ini adalah gerai pertama di New York yang memperkenalkan kopi khas Italia, yaitu Cappucino. Di sini, kamu masih dapat melihat mesin esspreso yang dibuat tahun 1902 yang dibeli dari uang tabungan pemilik pertama Caffè Reggio, Domenico Parisi. Caffè yang didirikan pada tahun 1927 ini banyak dijadikan lokasi pengambilan gambar beberapa film terkenal seperti The Godfather, Greenwich Village, The Kremlin Letter, dan masih banyak yang lainnya.

Caffè Central
Dibuka pertama kali pada 1876, gerai kopi dengan interior megah dan klasik ini dulunya menjadi tempat pertemuan tokoh-tokoh dunia seperti Sigmund Freud, beberapa sastrawan seperti Polgar, Zweig, dan masih banyak lagi lainnya.

Caffè Central sempat tutup karena tragedi perang dunia kedua pada sehingga menyebabkan gerai ini mengalami kerusakan yang amat parah. Namun pada tahun 1975 ketika perang telah usai, Caffè Central yang kemudian lebih dikenal dengan Palais Ferstel ini direnovasi dan sampai saat ini masih ramai dikunjungi oleh warga lokal bahkan para wisatawan.

Dengan menu andalan kopi yang disajikan dengan Apple Strudel hangat, tempat ini sangat pas untuk menikmati kopi sambil belajar tentang sejarah kota Venesia.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.