11 Keuntungan yang didapat jika mencuci pakaian dengan larutan cuka

Cuka termasuk salah satu bahan dapur yang bermanfaat. Tidak hanya untuk masakan, tetapi juga perawatan rumah tangga. Cairan dengan rasa asam menyengat ini bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada alat masak. Juga bermanfaat untuk mencuci baju.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika mencuci baju dengan campuran cuka. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir dari hunker.com, Jumat (6/7).

Ilustrasi cuka putih Snug Hug

Pakaian berwarna cerah lebih lama

Untuk mencerahkan warna pakaian Anda, tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam cucian pakaian. Cuka dapat membantu deterjen bekerja lebih efektif, serta melindungi warna, dan memudarkan noda-noda yang membuat warna pakaian Anda menjadi kusam.

Baju jadi lebih lembut

Ganti pelembut pakaian Anda dengan cuka. Cuka juga dapat berfungsi sebagai pelembut pakaian alami, tanpa meninggalkan residu apapun. Anda hanya perlu menambahkan setengah cuka ke bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Meredam statis

Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Residu sabun tercuci bersih

Asam asetat dalam cuka dapat memecah residu sabun yang mungkin telah terakumulasi pada pakaian, handuk, selimut, dan seprai Anda. Residu ini dapat mengiritasi kulit sensitif, terutama pada bayi dan anak kecil.

Anda hanya perlu menambahkan satu cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian untuk menghilangkan penumpukan sabun. Atau dua cangkir cuka saat mencuci handuk, seprai, dan selimut.

Bulu-bulu hewan peliharaan tak lagi menempel

Cuka juga dapat membantu meminimalisir serat dan menghilangkan bulu-bulu dari hewan peliharaan Anda. Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian/

Warna putih pakaian tetap terjaga

Cuka dapat membantu Anda menjaga warna putih pada pakaian dan membersihkan noda kotor. Tambahkan satu setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian berwarna putih.

Noda hilang dengan mudah

Anda bisa menyemprotkan cuka pada noda kopi, anggur, soda, cokelat, atau jelly. Sedang untuk noda yang terkena pada pakaian berbahan katun 100% poliester, Anda bisa mengoleskan langsung cukanya.

Biarkan selama sepuluh menit, lalu gosok perlahan dengan sikat lembut, dan cuci sesuai petunjuk perawatan pakaian. Untuk noda deodoran, gosokkan sebuah kain lap yang telah diberikan cuka secara perlahan.

Bau pada pakaian hilang

Cuka dikenal sangat baik dalam menghilangkan bau, bahkan bau asap dan jamur. Tambahkan satu cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Untuk bau asap, isi bak mandi dengan air panas dan tambahkan dua cangkir cuka. Gantungkan pakaian di atas bak mandi dan cuka akan menyerap bau asap pada pakaian Anda.

Warna pakaian tidak pudar

Pakaian berwarna cerah cenderung cepat memudar, jika Anda tidak merawatnya sesuai petunjuk. Anda dapat mencegah hal ini dengan merendam pakaian dalam larutan satu cuka dan satu bagian air selama 20 menit.

Pakaian mudah dicuci walaupun tanpa mesin

Gunakan cuka sebagai pengganti deterjen. Caranya mudah, tambahkan seperempat cangkir cuka ke dalam wastafel yang telah terisi penuh dengan air hangat, rendam pakaian selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih, dan biarkan kering.

Mesin cuci jadi bersih

Residu sabun dan mineral dapat mengendap di dalam mesin cuci Anda. Hilangkan buih sabun dalam mesin cuci Anda dengan menambahkan satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci yang telah kosong, dan menjalankannya seperti saat Anda mencuci pakaian, tanpa ada pakaian di dalamnya. Lakukan sekali dalam sebulan.

Demikian aneka manfaat yang bisa didapatkan jika mencuci pakaian dengan campuran cuka. Pakai saja cuka dapur berwarna putih bening yang biasa digunakan dalam pembuatan acar.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.